Pembelajaran pantun di kelas, bisa menjadi salah satu pelajaran yang menarik bagi siswa. Hal ini pun tergantung dari bagaimana guru mengajarkan (metode pengajaran) yang dilakukan di kelas.
Pantun adalah salah satu sastra lama yang berasal dari Melayu.
Ciri-ciri pantun:
a. Dalam tiap bait terdiri dari 4 baris.
b. Baris 1 dan 2 disebut sampiran sedangkan baris 3 dan 4 disebut isi.
c. Untuk mengethaui jenis pantun, pembaca bisa membaca di baris 3 dan 4.
d. Baris isi dan sampiran tidak memiliki hubungan makna (biasanya) melainkan memiliki hubungan persajakan.
e. Pantun biasanya bersajak aaaa dan abab.
f. Dalam tiap baris berjumlah 8-12 suku kata.
Untuk memudahkan siswa membuat pantun, caranya adalah:
1. Tahu jenis pantun apa yang akan kita buat.
2. Buatlah terlebih dahulu baris 3 dan 4 (baris isi).
3. Selanjutnya dibuat baris sampiran (baris 1 dan 2).
4. Pilihlah kata-kata yang menarik (diksi).
Pembelajaran pantun di kelas bisa dilakukan dengan memberikan contoh terlebih dahulu, kemudian guru mengajak para siswa untuk menyanyikan pantun seperti nada lagu rasa sayange. Hal ini dapat membuat siswa tertarik.
Ajaklah siswa membuat pantun hasil karyanya, atau untuk lebih memudahkan siswa agar cepat mengerti, guru terlebih dahulu memancingnya dengan memberikan baris isi terlebih dahulu dan siswa selanjutnya diajak untuk mencari bersama-sama baris sampirannya.
Demikian, semoga membantu.
Pantun adalah salah satu sastra lama yang berasal dari Melayu.
Ciri-ciri pantun:
a. Dalam tiap bait terdiri dari 4 baris.
b. Baris 1 dan 2 disebut sampiran sedangkan baris 3 dan 4 disebut isi.
c. Untuk mengethaui jenis pantun, pembaca bisa membaca di baris 3 dan 4.
d. Baris isi dan sampiran tidak memiliki hubungan makna (biasanya) melainkan memiliki hubungan persajakan.
e. Pantun biasanya bersajak aaaa dan abab.
f. Dalam tiap baris berjumlah 8-12 suku kata.
Untuk memudahkan siswa membuat pantun, caranya adalah:
1. Tahu jenis pantun apa yang akan kita buat.
2. Buatlah terlebih dahulu baris 3 dan 4 (baris isi).
3. Selanjutnya dibuat baris sampiran (baris 1 dan 2).
4. Pilihlah kata-kata yang menarik (diksi).
Pembelajaran pantun di kelas bisa dilakukan dengan memberikan contoh terlebih dahulu, kemudian guru mengajak para siswa untuk menyanyikan pantun seperti nada lagu rasa sayange. Hal ini dapat membuat siswa tertarik.
Ajaklah siswa membuat pantun hasil karyanya, atau untuk lebih memudahkan siswa agar cepat mengerti, guru terlebih dahulu memancingnya dengan memberikan baris isi terlebih dahulu dan siswa selanjutnya diajak untuk mencari bersama-sama baris sampirannya.
Demikian, semoga membantu.
Komentar
Posting Komentar